Kawasan Teknologi Pembelajaran
Definisi 1994,
dirumuskan berlandaskan lima bidang garapan dari Teknologi Pembelajaran,
yaitu : Desain, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan dan Penilaian.
Kelima hal ini merupakan kawasan (domain) dari bidang Teknologi
Pembelajaran. Di bawah ini akan diuraikan kelima kawasan tersebut,
dengan sub kategori dan konsep yang terkait :
Hubungan Antara Kawasan
Dengan adanya kawasan
sebagaimana dikemukakan di atas, teknologi pembelajaran sampai dengan
masa definisi 1994 telah memiliki kepastian tentang ruang lingkup
wilayah garapannya. Meski ke depannya jumlah kawasan beserta kategorinya
akan semakin berkembang, sejalan dengan perkembangan dalam bidang
teknologi dan pendidikan, serta disiplin ilmu lainnya yang relevan,
sebagai penopangnya. Setiap kawasan tidak berjalan sendiri-sendiri,
tetapi memiliki hubungan yang sinergis.
===========
SUMBER DAN DISARIKAN DARI :
Barbara B. Seels dan Rita C. Richey yang
berjudul Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya, hasil
terjemahan Dewi S. Prawiradilaga, dkk.(1995) dari judul aslinya
Instructional Technology : Definition and Domain of Field yang
diterbitkan pada tahun 1994.
Posting Komentar